bilad’s Blog


Facebook dan Pembangunan Kesadaran Ekologis
May 12, 2009, 3:42 am
Filed under: Short Article | Tags:

Facebook dan Pembangunan Kesadaran Ekologis

Facebook saat ini menjadi satu di antara situs-situs jejaring sosial yang paling diminati di Indonesia. Melalui jejaring sosial tersebut para pengguna dapat berkomunikasi secara terbuka dengan rekan, keluarga atau orang-orang yang baru dikenal sesama pengguna facebook dari seluruh dunia. Komunikasi tersebut dapat berupa saling mengumpan dan merespon pesan, gagasan, foto dan bahkan video. Di Indonesia kini pengguna facebook telah menjapai lebih dari 1,4 juta orang.

Facebook oleh karenanya merupakan media efektif untuk menguatkan kosmopolitanisme, yaitu pandangan bahwa kita adalah warganegara dunia. Entitas politik atau teritorial dalam lingkup apapun di mana manusia tinggal bukanlah sumber nilai atau perilaku, karena nilai atau perilaku memancar dari satu sumber yang universal (kosmos). Entitas-entitas itu tidak akan membatasi, membendung atau bahkan menghilangkan suatu nilai dan apalagi permasalahan yang bersifat universal.

Masalah ekologi seperti pemanasan global, banjir atau kekeringan adalah masalah kosmopolitan, dihadapi oleh masyarakat di hampir setiap negara di dunia. Oleh karenanya, masalah ekologi memerlukan respon mikrokosmik, di luar konteks negara atau organisasi-organisasi lingkungan. Setiap orang harus memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan demi keberlangsungan kehidupannya sendiri dan generasi-generasi berikutnya.

Facebook dapat menjadi sarana tepat untuk mengangkat isu-isu tentang lingkungan di antara para penggunanya dari permasalahan, upaya perbaikan, tantangan dan hambatan-hambatannya. Yang pertama kali perlu dikampanyekan adalah kerangka pikir ekologis atau yang oleh Alferd North Whitehead disebut sebagai “diri ekologis”, yaitu pribadi yang memiliki tanggungjawab untuk menjaga keseimbangan alam demi kelestarian diri dan lingkungannya. Kepribadian ini tumbuh dari kesadaran bahwa dirinya adalah bagian (kecil) dari alam semesta yang saling berhubungan satu-sama lain. Caranya misalkan dengan menampilkan kata-kata bijak tentang alam pada dinding “Apa yang Anda pikirkan?”. Kemudian bagian ini tentunya akan memancing respon beragam dari para pengguna lain yang sudah terdaftar sebagai teman. Dari situlah diskusi akan berjalan hingga mereka tertarik pada tema diskusi tersebut.

Langkah berikutnya adalah dengan menampilkan foto-foto tentang kerusakan alam disertai dengan komentar seputar sebab dan akibat dari jenis kerusakan tersebut. Tampilan foto-foto itu dimaksudkan untuk menginformasikan jenis aktivitas apa saja yang tidak ramah lingkungan dan untuk menggugah kesadaran teman-teman facebook mengenai perlunya meninggalkan atau mengurangi aktifitas tersebut. Dengan bangunan kesadaran ekologis tersebut, diharapkan mereka akan lebih lebih berhati-hati dalam beraktivitas.

Ketika negara sebagai entitas politik gagal atau belum berhasil menangani permasalahan lingkungan karena selalu terganjal oleh kepentingan nasional atau elit-elit tertentu, maka kini saatnya kita sebagai sub-entitas dari jagat raya menjalankan kewajiban itu melalui jejaring sosial yang ada. Facebook adalah media yang saat ini paling efektif untuk membangun kesadaran ekologis di tingkatan akar rumput, karena menyajikan forum komunikasi massa yang interaktif dan bersifat global. Dari situ kemudian diharapkan akan terbangun gerakan-gerakan sosial yang progresif, inovatif dan berkomitmen dalam merespon berbagai permasalahan lingkungan yang ada.

Surabaya Post, Citizen Journalism, 8 Mei 2009

Cecep Zakarias El Bilad



Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: